Tips sembunyikan data dalam USB Flash Disk

Flash Disk PromosiUSB Promosi – Membawa File dalam USB terkadang jadi serba salah,jika suatu saat lupa di simpan dimana, dan USB kita dapat jatuh ke tangan yang tidak diinginkan, tentu aja kita tidak mau USB tersebut dilihat-lihat isinya, apalagi File yang tersimpan sangat penting banget dan menyangkut pekerjaan misalnya, Tentunya kita tidak ingin file yang tersimpan di USB bisa dilihat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab kalau suatu saat USB hilang atau dicuri.

Pada tutorial kali ini kami ingin membagikan tentang suatu program berukuran kecil (3Mb), Namun sangat powerful, tool ini sangat berguna untuk membuat File yang tersimpan aman dan diproteksi oleh password. Tools bisa membuat suatu file yang nantinya bisa di mount dan menjadi stand alone drive dimana isi drive tersebut didalamnya terenkripsi.

File container adalah volume buatan, file ini sama seperti file-file pada umumnya (bisa direname,dihapus,di cut,di copy,dll), Namun memiliki daya tampung bagi file-file lain. Sebelum di mount file ini kelihatannya seperti file biasa, tetapi kalau setelah di mount akan menjadi Drive baru yang virtual dan bereaksi seperti drive partisi pada umumnya. Jumlah size-nya pun bisa diatur, misal USB memiliki daya tampung 1 GB, maka bisa saja membuat File container sebesar 500M, dan space 500mb tersebut akan dibuat untuk membuat file container ini. Tentunya jika dimount akan menjadi drive dengan ukuran 500MB yang terproteksi password dan di encrypsi.

1.Download dulu File nya disini.
2.Install, setelah itu jalankan programnya.
3.Membuat File container, Klik di tombol Create Volume.
4.setelah itu akan muncul window baru,pilih pilihan paling atas.Create an Encrypted file container,lalu Next.
5.Untuk pemula Pilih dulu aja Standard TrueCrypt Volume,klik Next.
6.klik Tombol Select File,di tahap ini, kini akan membuat File Container dalam USB, Maka arahkan ke Flash Disk kalian. Lalu kasi nama misalnya “Container”.Klik save, Setelah itu kita kembali ke window Utama klik Next
7.Pada tahap ini merupakan Type enkripsi algoritma apa yang ingin digunakan, jika kurang mengerti pada tahap ini,biarkan apa adanya lalu Next
8.isikan Besarnya Size File container yang ingin dibuat. Note: sesuaikan dengan keinginan dan juga besarnya USB. Kalo kapasitas USB Flash Disk hanya 256mB misalnya, Anda tidak biisa membuat File container lebih besar dari kapasitas.
9.Masukan Password, lebih unik akan lebih bagus. klik Next
10. Tahap selanjutnya, gerakan Kursor mouse selama mungkin, gerakan di sektar daerah window ini. ini adalah tahap dalam menentukan kekuatan enkripsi yang akan dibuat, minimal gerakan mouse disekitar window tersebut selama 30 detik. setelah itu Klik Format
11.Setelah berhasil membuat. Lihat di USB akan ada FIle baru bernama Container(kalau file name nya di isi Container)yang besarnya sesuai dengan size yang di ingin kan.
12.Untuk mulai menggunakannya, buka lagi TrueCrypt lalu Pilih Drive letternya. setelah itu pilih File-nya (file Container nya) lalu Klik Tombol Mount.
13.Masukan Password-nya dan Lihat akan ada Drive baru sesuai Letter Drive yang di pilih. (lihat di Explorer)
14.Anda bisa mulai memindahkan File-file Penting Kesini. Drive ini bekerja seperti Drive-Drive pada umumnya. jadi Anda seakan2 memiliki virtual Drive yang portable dan di enkripsi serta di protek password.

Note:jangan lupa jika ingin remove USB selalu dismount dahulu Countainer nya. atau di Shutdown/restart akan membuat Container tersebut men-dismount secara otomatis.

Selalu membawa instaler TrueCrypt di USB, Tapi jangan dimasukan ke dalam Container. Simpan diluar Container, jika suatu saat Anda membutuhkan membuka Container di tempat lain, Anda tinggal Install, Karena File-nya juga cukup kecil. Ini memungkinkan Anda dapat membuka Container Anda dimana aja.

USB promosi 2012


Share This Post

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Leave a Reply

Archives

Twitter

Youtube