Cara install windows vista dengan USB Flash Disk

Flash Disk PromosiUSB promosi – Ada banyak keuntungan menginstall suatu operation system dengan menggunakan flash disk, kelebihan utamanya adalah prosesnya yang terbilang sangat cepat di banding menggunakan media DVD-R/CD-R. Selain itu dengan menggunakan cara ini kita juga dapat memperpanjang usia DVD-R atau CD-R kita, karena proses penginstallan yang cukup lama bisa membuat optic dari DVD-R/CD-R laptop atau komputer kita semakin lemah.

Hal yang perlu di persiapkan untuk proses penginstallan Windows Vista menggunakan media flash disk :
– USB Flash Drive / flahsdisk (Minimum 4GB)
– Vista installation files atau Windows 7
– Komputer atau laptop yang sudah terinstall Windows Vista

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

– Tancapkan USB Flashdisk ke Port komputer atau laptop.
– Buka command prompt (pada vista), klik [Start Menu] pilih [Run] dan ketikan “cmd” (tanpa tanda kutip) dan Enter. Sebelumnya kita asumsikan bahwa USB flash disk dialamatkan sebagai disk 1, dan harddisk sebagai disk 0.
– Ketik perintah-perintah berikut ini pada windows command prompt tadi dan tekan Enter:

DISKPART
SELECT DISK 1
CLEAN
CREATE PARTITION PRIMARY
SELECT PARTITION 1
ACTIVE
FORMAT FS=NTFS (Tunggu sampai proses pemformatan selesai)
ASSIGN
EXIT

Jangan tutup jendela command prompt tadi, cukup minimize saja. Sekarang masukan DVD installasi Vista, atau jika memiliki file ISO-nya, kita bisa membuat Virtual Drive dengan menggunakan aplikasi seperti Nero Image Drive atau Daemontools. Cara ini lebih cepat dan efisien.
– Buka atau maximize command promt tadi, kali ini kita asumsikan bahwa Drive DVD ada di direktori “E” sedangkan letak Flashdisk ada di Drive “H”.
– Ketikan perintah berikut pada jendela command prompt yang sebelumnya “E:CD BOOT” (tanpa tanda kutip) kemudian Enter. Ingat “E” adalah DVD drive, kita bisa menggantinya sesuai dengan letak drive DVD kemudian ketik perintah berikut: “CD BOOT” (tanpa tanda kutip) lalu Enter.
– Kemudian ketik perintah berikut: BOOTSECT.EXE /NT60 H:
– Lalu Enter, ingat, Drive “H” adalah lokasi letak USB, kita bisa menyesuaikan dengan letak USB.
– Setelah semua proses itu selesai, sekarang copy dan paste semua file yang ada di Drive DVD ke USB flash disk. Jika sudah selesai, maka sekarang kita sudah bisa menggunakan USB Flashdisk untuk porses installasi dengan terlebih dahulu men-setting BIOS dengan pilihan first Boot nya dengan menggunakan flash disk.

Sedikit tips buat pengguna Windows XP jika ingin mencoba tutorial ini, kita bisa menggunakan Vista live USB untuk proses pemformatan flahsdrive. Selamat mencoba.

USB promosi 2012


Share This Post

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Leave a Reply

Archives

Twitter

Youtube