Berapa lamakah ketahanan USB Flashdisk?

Flashdisk Promosi

USB ( Universal Serial Bus ) flash drive yang lebih terkenal dengan sebutan flashdisk, merupakan perangkat penyimpana data berkapasitas tinggi yang terintegrasi dengan interface (antar muka) USB melalui port serial.

Pada umumnya flash disk berukuran kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar . Itulah kenapa flash disk menjadi media penyimpanan data andalan, murah dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Kapasitas penyimpanan flash disk sangat beragam, mulai dari megabyte sampai gigabyte. Di awal tahun 2010, kapasitas flashdisk sudah dapat menyamai kapasitas harddisk, yakni 256 gigabyte. Data yang tersimpan didalam flash disk dapat dibaca dan ditulis oleh perangkat komputer atau sejenisnya dengan mempertahankan informasi yang tertulis didalamnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat yang aktif ketika ada arus listrik dari port USB ini, lahir dengan beraneka ragam produk seperti MP3 Player, MP4 Player, MP7 Player, DVD Player, Memory Recorder, sampai perangkat media portabel player yang memiliki kamera.

Kelebihan-kelebihan USB flash disk dibanding disket, yaitu lebih cepat dalam pengcopyan file, tidak memerlukan defragmentasi file, karena tidak mempengaruhi pada kecepatan akses serta menggunakan memori randam access. dapat diakses di device apa saja yang support dengan port USB karena menggunakan sistem file FAT atau FAT32 serta dapat diformat pada sistem NTFS, bentuknya kecil dan mudah dibawa. Namun flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang relatif lebih pendek, biasanya ketahanan data pada flashdisk sekitar 5-10 tahun, hal ini dikarenakan memori flashdisk tidak bertahan lama ketimbang memori pada harddisk yang dapat bertahan selama 12-15 tahun.

Beragam permasalahan yang menyebabkan data /file di flashdisk hilang yang sering dihadapi diantaranya, adalah :

1. File hilang karena disembunyikan oleh virus
2. File hilang karena terjadi kerusakan (crash) pada software/program
3. File hilang karena terjadi kerusakan pada hardware
4. File hilang karena sengaja/tidak sengaja terhapus
5. File hilang karena flashdisk terformat
6. File pada flashdisk tiba-tiba saja tidak dapat dibuka/digunakan
7. Ukuran file dan volume label berubah, padahal file belum digunakan sebelumnya
8. Terdapat message didalam direktori flashdisk

USB promosi 2012


Share This Post

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Leave a Reply

Archives

Twitter

Youtube